Kenangan adalah usia kedua dari seorang manusia...

Senin, 05 September 2011

Liar Game


Dorama ini kutonton sudah berbulan-bulan yang lalu, jadi dimaafkan saja kalau banyak yang salah karena lupa.
Main Cast:
Toda Erika as Kanzaki Nao
Matsuda Shota as Akiyama Shinichi

Episode:
Season 1 : 11











Season 2 : 9












+ Movie: The Final Stage


















Spoiler:
Menceritakan seorang gadis bernama Nao yang mempunyai sifat sangat sangat sangat jujur, polos, lugu dan agak sedikit bodoh saking polosnya. Dan tanpa disangka-sangka dia terpilih menjadi salah satu peserta di sebuah Game yang bernama Liar Game. Sebuah game yang dipenuhi trik, penghianatan dan liar. Untuk memenangkan tiap stage game ini dibutuhkan trik-trik yang harus benar-benar jitu. Penuh dengan penghianatan antar teman dan persaingan untuk menjadi pemenang. Karena siapa yang kalah maka ia harus keluar dari permainan dan menanggung hutang ratusan juta. Nao berusaha untuk menyusupkan nilai-nilai kejujuran dan saling percaya antar teman untuk menyelesaikan permainan ini. Berhasilkah dia?

Akiyama adalah penipu handal yang baru saja keluar dari penjara. Dia dimintai bantuan oleh Nao untuk menyelesaikan stage pertama permainan. Awalnya dia menolak. Tapi setelah melihat betapa polosnya Nao akhirnya dia menolong. Rencananya dia hanya menolong di stage satu saja. Tapi....ada saja alasan yang akhirnya membuat si Matsuda Shota ini tetap nongol hingga detik terakhir Movienya. Yatta!
Aku sudah agak-agak lupa macam-macam permainannya.
Stage 1 : Masing-masing diberi uang 100million. Yang ingin menang harus bisa mengambil uang 100 million dari lawannya dan jangan sampai kehilangan miliknya sendiri. Dan lawan Nao ternyata adalah orang yang sangat-sangat dipercayai oleh Nao.

Stage 2: Minority Rule. Ada beberapa peserta. Akan ditunjuk satu orang untuk mengajukan pertanyaan. Pertanyaannya sih ngga penting, apa aja boleh. Pokoknya yang cuma ada 2 jawaban yaitu Yes atau No. Jawabannya pun juga ngga harus benar, terserah mau pilih Yes atau No. Yang penting minoritas. Jadi sistemnya seperti voting. Tapi yang menang adalah yang minority. Kalau yang mayoritas kan gampang. Tinggal semuanya aja milih Yes, menang deh. Tapi kalau minority? Dan Nao pun kalah di stage ini. Gara-gara si X!!! Tapi di episode berikutnya masih ada restructuring game.
Disini peserta yang sebelumnya kalah diberi kesempatan untuk kembali. tapi tentu saja harus melewati permainan yang cukup ribet.


Stage 3: Contraband game. Peserta akan dibagi menjadi 2 grup. Namanya negara Fire dan Water. Masing-masing negara punya lemari besi yang berisi uang. Tiap negara diwajibkan mengirim satu perwakilan sebagai pengambil uang, dan negara yang lain mengirimkan satu perwakilan juga sebagai si penjaga perbatasan (lupa istilahnya apa). Itu nanti giliran. Nanti si penjaga perbatasan akan menunggu di sebuah ruangan. Si pengambil uang bertugas ngambil uang di lemari besi negara lawan dan memasukkannya ke dalam koper, berapapun jumlahnya. Nah nanti si penjaga perbatasan akan menebak isi koper itu. Misal dia nebak koper itu kosong, tapi ternyata ada isinya, maka uang yang ada di dalam koper tadi dianggap "berhasil diselundupkan" dan jadi milik si pengambil. Kalau si penjaga ngga bilang kosong alias dia nebak ada isinya dia harus menyebutkan jumlahnya. Kalau misal dia salah sebut bakal ada konsekuensinya, tp kalau benar bakal ada rewardnya (tapi aku lupa detailnya). Dan kalau si penjaga dapet reward maka si pengambil yang bakal dapat pengurangan. Pokoknya seru lah. Apalagi ada musuh besarnya Akiyama (dalam kehidupan nyata. bukan di game)

Stage 4: Main tebak peluru. Jadi ada rolling gun yang lubang pelurunya ada....berapa ya? belasan pokoknya. Peserta diminta memasukkan 3 butir peluru terserah ke lubang nomor berapa. Kemudian setelah peluru masuk, akan dirolling sehingga kedua peserta tidak akan tau dimana letak peluru. Masing-masing akan diberi kesempatan untuk menembakkan pistol itu ke kepalanya sendiri. Beruntung kalau ternyata pas giliran dia lubang pelurunya kosong. tapi kalau isi? tapi tenang saja, tentu saja itu peluru palsu. tapi kalau ketembak ya tetap saja konsekuensinya cukup mematikan. Hutang ratusan juta menanti. Kalau misalnya peserta yang dapet giliran menembak itu merasa bahwa di dalam pistol itu pas giliran dia ada pelurunya maka dia boleh bilang "pass" tapi ngga boleh terus-terusan juga, ada aturannya. Kalau dilihat sepintas main tebak dimana letak peluru dalam rolling gun sepertinya hanya tergantung pada keberuntungan. Ne? Tapi ternyata ada triknya lho. Seru lah.

Stage 5: Nah, Stage yang ini yang ampe sekarangpun aku masih belum ngerti -_-! Poker lah pokoknya.

Stage 6: Permainannya Contraband game, sama dengan stage 3. Tapi di stage ini bukan pakai uang melainkan emas. Tapi trik untuk menyelesaikan stage ini jelas jauh berbeda dengan stage 3. Aturannya juga lebih ribet.

Stage 7: Devil n Angel. Lagi-lagi disini muncul musuh besar Akiyama. Tapi beda dengan yang di season 1 lah orangnya. Dia teman Akiyama waktu di universitas. Alasan dia ikut liar game? Biar ketemu Akiyama lah. Kenapa? Tonton saja. Gamenya....masing-masing peserta akan diberi jam tangan canggih. Hehe, keren juga tuh alat kayak begitu. Bukan jam tangan sih tapi semacam alat untuk menyumbangkan energi. Haha.
Disana disediakan ruangan kecil untuk mengecek status diri. Aduh ribet nih ngejelasinnya. Misal Akiyama sama Nao mengecek statusnya dalam ruangan itu, yang tentu saja tidak akan diketahui orang lain. Akiyama statusnya Devil, Nao Angel. Setelah mereka keluar dari sana mereka harus merahasiakan status mereka. Aturannya, kalau Devil berbagi energi dengan Angel, maka si Angel akan kehilangan satu energinya. Kalau sebelumnya energinya hanya satu berarti kan habis tu, maka si Angel akan jadi devil. Sementara itu si Devil akan dapat satu energi dan menjadi Angel. Kalau Angel berbagi energi dengan Angel maka keduanya akan bertambah satu energi. Kurang lebih begitu lah. Nah, yang tadi itu kan bisa saja si Akiyama berbohong pada Nao biar si Nao mau berbagi energi dengannya. Jadi, sekali lagi, trik sangat-sangat dibutuhkan disini. Dan yang menang adalah yang punya energi terbanyak.

Final Stage: Permainan ini diinspirasi oleh kisah Nabi Adam dan Hawa yang dikeluarkan dari surga karena memakan buah Khuldi. Hehe....
Nah kali ini permainannya pakai Majority Rule. Tapi jangan disangka semudah itu karena rulenya sangat sangat sangat jauh dari Majority Rule pada umumnya (Aku saja pusing).  Disediakan apel 3 warna (bukan apel asli pastinya. bahannya dari apa gitu yang jelas bahan pembuatnya nanti juga akan berperan dalam memecahkan game ini). Ada Silver, Gold dan Red Apple.
Rulenya aku kutip dari AsianMediaWiki by Yukina (ribet soalnya kalau aku yang ngejelasin. Aku sendiri saja harus menonton ulang baru mengerti). Douzo:
1. Masing-masing pemain yang berhasil masuk ke dalam kelompok mayoritas akan mendapat 1million dollars sementara tiap orang di kelompok minoritas akan kehilangan jumlah yang sama, tapi...
2. Kalau semuanya kompak milih Gold/Silver maka masing-masing justru akan kehilangan 1million (jadi kalau pengen menang semua orang harus pilih Red Apple), tapi (lagi)...
3. Jika ada satu orang vote Gold/Silver sementara yang lain Red apples, maka yang vote Gold/Silver tadi akan mendapat 2 million sementara yang lainnya akan kehilangan 1 million dollars
4. Kalau ada satu orang yang vote Red apple sementara sisanya vote Gold/Silver, maka yang milih gold/silver bakal dapet  1 million dan yang milih red apel tadi akan kehilangan 10million. 10 lho ya bukan 1.

5.  Kalau yang memilih Gold/Silver apple lebih dari satu orang & yang milih red apple juga lebih dari satu orang, maka yang milih Red apples akan kehilangan 1million sementara yang milih Gold/Silver akan mendapat 1 million dollars
Jadi, menurut anda, bagaimanakah penyelesaiannya sementara masing-masing orang sedang krisis kepercayaan terhadap teman?

 Ribet kan? haha, susah juga ngejelasinnya. Tonton saja langsung. Dijamin tidak mengecewakan :)

Komentarku:
DORAMA INI SANGAT SANGAT SANGAT KEREEEEENNNNNN!!!!!!

Permainannya seru, membuat orang memutar otak dan melatih kecerdasan. Haha. Apalagi yang season 2, aturan permainannya agak ngga kumengerti. Apalagi yang final stage. Harus kutonton ulang dua kali dulu baru ngeh aturan mainnya. haha

Oke, sekian reviewnya. Fiuh...Review dorama yang paling banyak menghabiskan waktu (untuk mengingat-ngat dan menjelaskan rulenya).
Hehe, inilah saya, suka menghabiskan waktu untuk hal yang tidak penting. -_-!

Ah! Satu lagi. Dorama ini cukup sebagai hiburan saja. Dilarang mempraktekkan karena tergolong judi. heeee....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya....