Kenangan adalah usia kedua dari seorang manusia...

Senin, 10 Oktober 2011

Change (2008)

10 episodes

Casts:
 
Kimura Takuya as Asakura Keita
Fukatsu Eri as Miyama Rika
Terao Akira as Kanbayashi Shoichi
Abe Hiroshi as Nirasawa Katsutoshi


sinopsis:
Kematian Ketua partai yang juga seorang anggota parlemen beserta putra sulungnya (yang tadinya direncanakan akan menjadi penerusnya) dalam sebuah kecelakaan pesawat menuntut diadakannya pemilihan yang harus segera dilaksanakan untuk mengisi posisi yang kosong tersebut. Kanbayashi Masaichi, sekretaris partai tersebut, memiliki sebuah ide untuk mengikutsertaka Asakura Keita, putra kedua dari  ketua partai untuk mengikuti pemilihan dan menugaskan seorang sekretaris bernama Miyama Rika untuk menjalankan misi tersebut. 

Keita adalah seorang guru SD di Nagano yang memiliki hobi memandangi bintang. Dia sama sekali tidak tertarik dengan politik. Namun, atas bujukan Rika dan tekanan dari keluarganya, akhirnya Keita bersedia untuk ikut mencalonkan dalam pemilihan namun tanpa ada niat untuk menang. Akan tetapi, dengan bantuan  Nirasawa Katsutoshi, seorang  tim sukses yang sudah memenangkan banyak pemilihan, Keita memiliki kesempatan besar untuk menang. 

Ketika Perdana Menteri dipaksa untuk mengundurkan diri atas tuduhan pelecehan seksual, Kanbayashi memiliki ide untuk menjadikan Keita, yang dia anggap tidak punya kemampuan, untuk mencalonkan diri sebagai Perdana Menteri yang selanjutnya. Kanbayashi berpikir bahwa dengan demikian dia dapat dengan mudah memanipulasi Keita dan mengatur keadaan demi keuntungannya sendiri. Selanjutnya dia berniat untuk menjadi Perdana Menteri selanjutnya setelah Keita gagal. Namun demikian, kesungguhan dan kerja keras Keita menyadarkan Kanbayashi bahwa ia tidak semudah itu dijadikan boneka. Kanbayashi harus menyusun rencana lain untuk menghancurkan Keita. Usaha apa yang akan ia jalankan? Apakah ia akan berhasil?

Komentarku:
Asakura ini ngga ada basic politik, polos, tapi punya tekad untuk membuat pemerintahan lebih baik.
Jadi inget cerita Ibu kos. Kepala desa tempat tinggal bu kos itu adalah seorang yang buta huruf, dia ngga bisa baca tulis, cuma mengandalkan pegawai-pegawai yang lain. Suruh bikin surat, suruh bikin proposal, suruh menghadap Pak Bupati, dsb adalah perintah yang biasa diterima oleh bawahannya. Tapi satu hal yang membuatnya bertahan dipilih oleh warga sebelum akhirnya pemerintah mensyaratkan pendidikan minimal bagi kepala desa. Apa itu? Dia punya tekad untuk memajukan desanya. Walaupun buta huruf dan seringkali malu, gugup, bingung saat harus membacakan teks penyambutan bagi Pak Bupati yang seringkali datang berkunjung (akhirnya istrinyalah yang membacakan) tapi dia bisa merancang berbagai macam program yang mensejahterakan rakyatnya. Dia mengusahakan kucuran dana dengan mengajukan permohonan kesana kemari hingga akhirnya bupati bersedia memberikan bantuan untuk desanya. Ia bisa mengalokasikan dana bantuan itu untuk kegiatan-kegiatan pembangunan desa yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh warga. Betapa Ibu Kos dan warga lainnya begitu membanggakan pemimpinnya itu.

Dorama ini menyisakan perasaan "Coba presiden kita seperti itu". Melihat bagaimana Asakura menyelesaikan satu persatu masalah dengan benar-benar mempertimbangkan kemakmuran rakyat. Bagaimana dia rela begadang ampe pagi demi membaca dokumen yang bertumpuk-tumpuk demi menyelesaikan masalah yang mengancam kemakmuran rakyatnya. Bagaimana dia rela terjun langsung ke lapangan untuk benar-benar melihat dan merasakan seperti apa kehidupan rakyatnya.


Pastinya dorama ini keren lah. Acting Om KimuTaku tidak diragukan lagi memperindah cerita dorama ini. Recommended.... Terutama bagi para abdi negara termasuk aku dan teman-teman yang lain dimana kami Insyaallah juga akan menjadi abdi rakyat....

Source: DramaWiki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya....